17 Anggota FKUB Musi Rawas 'Terbang' ke Lombok Barat

    17 Anggota FKUB Musi Rawas 'Terbang' ke Lombok Barat
    RAKOR. Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti saat memimpin rapat FKUB Mudi Rawas di Angkringan Kebun Belimbing Desa F Trikoyo Tugumulyo, Senin (8/11/2021). Foto: dodi_musirawas

    MUSIRAWAS SUMSEL - Sebanyak 17 anggota Forum Komunikasi Umat Beragana (FKUB) Kabupaten Musi Rawas bakal berangkat menuju Kabupaten Lombok Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. Hal ini terungkap pada saat Rapat Koordinasi FKUB dan sejumlah pihak terkait yang dipimpin oleh Wakil Bupati Musi Rawas di Angkringan Kebun Belimbing Desa F Trikoyo, Senin (8/11/2021). 

    KH. Misbachul Arifin, Ketua FKUB Musi Rawas menjelaskan studi wawasan ini merupakan amanah peraturan bersama antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama Nomor 98 tahun 2006. Dimana salah satu tugas FKUB adalah pemberdayaan. 

    "Pemberdayaan FKUB bisa dilaksanakan dengan studi wisata. Ini bukan yg pertama tetapi sudah bertahun-tahun lalu. Dan alhamdulillah, para pemimpin Musi Rawas mendukung penuh kegiatan ini, " ujar KH  Misbachul Arifin. 

    Dipilihnya Lombok Barat tentu ada alasan tersendiri. Ada lokasi yang keberagaman agama penduduknya  bisa dijadikan pelajaran untuk diimplementasikan di Musi Rawas. 

    "Tahun lalu kami ke Bali. Sebelumnya pernah ke Semarang dan tempat-tempat contoh kerukunan beragama lainnya, " tambah Misbachul Arifin. 

    Ia berharap, dengan adanya studi wawasan ini dapat meningkatkan kapasitas pribadi masing - masing anggota, yang nantinya dapat diteruskan kepada ummat masing-masing. 

    Kegiatan Studi Wawasan ini dilaksanakan pada 14-18 November 2021. 

    Saat ini pihaknya telah menciptakan Desa cinta Kerukunan yakni Desa Bangunrejo Kecamatan Sukakarya dan Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo. Kedepan nantinya akan diciptakan di Desa Tugu sempurna. 

    Dalam sambutannya Wabup Suwarti selaku  Dewan Penasehat FKUB Musi Rawas meminta agar peserta studi wawasan dapat memperhatikan dan mempelajari seluk beluk tentang wawasan kerukunan umat beragama. 

    "Pelajari dengan seksama agar dapat diimplementasikan di Kabupaten Musi Rawas, " ujar Wabup. 

    Hadir dalam rapat diantaranya Yamin Pabli Kepala Badan Kesbangpol David Pulung Kepala BKPSDM dan sejumlah Perwakilan OPD lainnya. (dod)

    MUSIRAWAS SUMSEL FKUB
    Dodi Chandra

    Dodi Chandra

    Artikel Sebelumnya

    Tak Setor Modal BUMD, Bupati Musi Rawas...

    Artikel Berikutnya

    1.466 Ahli Waris Terima Santunan Kematian

    Berita terkait